Tips Menggunakan Tokyo MRT

Home / Travel Updates / Tips Menggunakan Tokyo MRT

Salah satu pengalaman yang harus kamu rasakan ketika berkunjung ke Jepang adalah menggunakan MRT. Tokyo MRT merupakan sistem transportasi terbaik di dunia tapi juga merupakan yang paling sibuk. Untuk memastikan kamu tidak tersesat di sistem labirin dalam tanah Tokyo MRT berikut adalah beberapa tips menggunakan Tokyo MRT yang harus kamu ingat.

Kartu Pasmo

Kartu Pasmo adalah kartu yang harus kamu beli ketika pertama kali tiba di Jepang tidak perdulu seberapa pendek kunjungan kamu di negara ini. Kartu ini berfungsi seperti kartu debit sementara yang memudahkan kamu mengakses stasiun metro di seluruh Jepang dan yang terpenting adalah kamu tidak perlu khawatir salah bayar karena semua tarif transportasi otomatis terpotong.

Tiket

Jika kamu memutuskan untuk tidak menggunakan kartu Pasmo maka kamu harus membeli tiket. Jika kamu tidak bisa berbahasa Jepang sebaiknya membeli dari mesin tiket yang bisa disetting kedalam Bahasa Inggris. Temukan tempat yang ingin kamu tuju di peta terletak di atasnya, berapa yang harus kamu bayar.

Tipe Kereta

Hanya karena kamu sudah berada di stasiun yang benar, di jalur yang benar atau bahkan berada di platform yang benar tapi bukan berarti kamu akan selalu tiba di tujuan yang benar. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa jenis kereta. Ada istilah rapid train dimana kamu bisa menghemat banyak waktu dengan menggunakan kereta ini karena kereta ini tidak berhenti di setiap stasiun hanya di stasiun tertentu saja. Jika kamu takut kelewatan, kamu bisa membeli tiket kereta lokal yang berhenti di setiap stasiun.

Jam Sibuk

Terdapat tiga kali jam sibuk di Tokyo MRT, pertama adalah di pagi hari ketika setiap orang akan pergi bekerja atau sekolah, kedua adalah pada sore hari ketika jam pulang kantor walaupun tidak seramai ketika pagi hari karena beberapa pekerja ada yang lembur atau sekedar menghabiskan waktu di luar sebelum pulang kerumah. Ketiga adalah pada jadwal kereta terakhir ketika setiap orang tidak ingin ketinggalan kereta terakhir. Jadi pastikan kamu menghindari ketiga jam tersebut.

Yang tak kalah penting juga dari tips menggunakan Tokyo MRT adalah aturan berkereta dimana ketika berada di dalam MRT, bicara di telpon dan bicara dengan teman dengan suara keras sangat tidak dianjurkan. Makan dan minum juga dilarang. Sangat penting untuk kamu ingat bahwa jika ada wanita, anak-anak dan orang tua, kamu harus memprioritaskan mereka.

Facebook Comments